ELEX FEST JADI MOMEN ISTIMEWA RUMAH KREATIF WADAS KELIR DALAM MENJALIN KEAKRABAN DENGAN REDAKSI ELEX MEDIA KOMPUTINDO

dibaca normal:3 menit

Salah satu hal yang membuat kami tak henti bersyukur adalah Rumah Kreatif Wadas Kelir semakin dikenal masyarakat luas karena manfaatnya.

–Heru Kurniawan, Founder RKWK

Ketika awal berdirinya Rumah Kreatif Wadas Kelir (RKWK), para relawan tidak pernah mengira dalam waktu lima tahun perjalanannya nama RKWK akan dikenal hingga ke tingkat nasional. Hal itu mulai dirasakan para relawan sejak RKWK dianugerahi beberapa penghargaan tingkat nasional, baik dari lembaga pemerintah maupun nonpemerintah.

Seperti Sabtu (17/02/2018) lalu, RKWK diberi kehormatan oleh penerbit Elex Media Komputindo (Gramedia Grup) untuk berpartisipasi dalam rangkaian acara #ELEXFEST. Acara yang dihelat di Bentara Budaya Jakarta itu adalah rangkaian perayaan ulang tahun Elex Media Komputindo yang ke-33. RKWK yang diwakili oleh Heru Kurniawan (founder) dipercaya menjadi salah satu pemateri dalam diskusi panel bertema “Buku sebagai Bisnis Kreatif”.

Dalam panggung diskusi panel tersebut, RKWK bersama Suwandi S. Brata (Publishing Director Kompas Gramedia), Oda Sekar Ayu (Penulis Novel), Ryan Filbert (Penulis Buku Investasi dan Founder Stocklab Board Game), dan Yahya Muhaimin (Penggerak Industri Kreatif) berbicara mengenai peran masing-masing tokoh dalam upayanya menggerakkan bisnis ekonomi kreatif di bidang perbukuan.

“RKWK memiliki sebuah formulasi yang kami beri nama literapreneur,” tutur Heru Kurniawan ketika membuka pembicaraannya di panggung diskusi panel tersebut. Para peserta diskusi terlihat antusias mendengarkan penjelasan Heru Kurniawan terkait strategi industri kreatif perbukuan yang dikelolanya bersama RKWK. Hal itu dibuktikan dengan antusiasme audien yang bertanya soal literapreneur dengan lebih mendalam.

Sejak tiga tahun terakhir, buku-buku karya relawan RKWK memang telah diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Baik buku-buku aktivitas anak, buku kumpulan dongeng, hingga buku-buku teori popular seperti buku parenting. Animo masyarakat pada buku-buku relawan RKWK terbitan Elex Media bisa dibilang sangat baik. Rata-rata buku-buku tersebut sold out di toko buku Gramedia. Para relawan penulis buku itu harus semakin sering berinteraksi dengan pihak Elex Media. Sejak saat itu lah keakraban antara relawan penulis buku dengan para editor Elex Media terjalin, hingga merasa seperti keluarga.

Tidak hanya dengan Penerbit Elex Media, dengan penerbit lain dari Gramedia Grup seperti Bhuana Ilmu Populer (BIP) keakraban serupa pun terjalin. Saat ulang tahun ke-25 Penerbit BIP yang menghadirkan konsep “Writers Gathering” RKWK pun dipercaya menjadi salah satu pembicara dalam diskusi panelnya. Keakraban dan rasa kekeluargaan inilah yang agaknya membuat para relawan penulis buku merasa betah dan terus produktif menghasilkan karya-karya untuk para pembaca.

“Sebagai salah satu partner terbaik kami dari kota kecil bernama Purwokerto, kami berharap RKWK akan terus melahirkan penulis-penulis kreatif muda, yang buku-bukunya diterbitkan oleh kami,” tutur Agnes, salah satu chief editor Elex Media Komputindo yang menemui kami di penghujung acara.

Baik dari pihal Elex Media (Gramedia) maupun RKWK sangat berharap agar kerja sama yang baik itu tidak akan pernah terhenti. Sebab, seperti yang dikatakan Pramoedya Ananta Toer bahwa “Dengan menulis kita abadi”. Salam produktif!

 

ENDAH KUSUMANINGRUM

Relawan Pustaka Wadas Kelir

Comments

comments

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *