GANDENG ELEX MEDIA KOMPUTINDO, FESTIVAL LITERASI #3 RUMAH KREATIF WADAS KELIR SUKSES!

dibaca normal:3 menit

Selasa, 1 Mei 2018. Ingar bingar sejak pagi di lingkungan Rumah Kreatif Wadas Kelir didominasi oleh anak-anak usia PAUD dan SD. Mereka adalah para peserta lomba mewarnai yang diselenggarakan oleh RKWK dalam rangka Festival Literasi #3. Sebanyak 200-an anak-anak dari sekitaran Barlingmascakeb berkumpul di pelataran Rumah Kreatif Wadas Kelir dan bersiap mengikuti lomba.

Tidak hanya itu, persiapan juga mulai terlihat sibuk di area Hall Perpustakaan IAIN Purwokerto. Pasalnya, Festival Literasi #3 tersebut merupakan kegiatan beruntun, yaitu lomba mewarnai untuk AUD di pagi hari dan pelatihan penulisan buku di siang hari dan diselenggarakan di area IAIN Purwokerto.

Yang istimewa dari kegiatan tersebut adalah Rumah Kreatif Wadas Kelir didukung oleh Elex Media Komputindo (EMK) , salah satu penerbit mayor dari Gramedia Grup yang juga telah banyak menerbitkan buku-buku para relawan di Rumah Kreatif Wadas Kelir.

Tidak hanya didukung oleh EMK, kegiatan tersebut juga dapat terselenggara karena dukungan dari berbagai pihak seperti Komunitas Kreatif Menulis Online (KMKO), Komunitas Guru Belajar (KGB), Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI). Antusiasme peserta pun didominasi oleh masyarakat umum dan para anggota komunitas pendukung tersebut.

Dituturkan oleh peserta yang ikut serta dalam kegiatan Festival Literasi #3, dari cabang lomba mewarnai, para orang tua yang mengikutsertakan anak-anaknya dalam perlombaan mewarnai merasa sangat puas karena mengetahui bahwa juri yang menilai karya putra dan putri mereka adalah para illustrator professional dari Gramedia Grup. Selain itu, para juri  juga tidak sungkan memberikan masukan pada hasil karya anak-anak.

“Seneng, karena hari libur ini bisa diisi dengan kegiatan yang sangat bermanfaat. Anak saya berkarya di kegiatan mewarnai, pulang dapat bingkisan buku aktivitas terbitan Elex, Gramedia, terus dihibur sama pertunjukan pantomim lucu. Mereka pasti puas!” tutur Beti, ibunda Bilqis dan Malfa, peserta lomba mewarnai.

Sementara dari kegiatan Pelatihan Penulisan Buku Anak, para peserta yang notabenenya telah lolos kurasi naskah dari panitia merasa puas karena memiliki semangat dan harapan terkait kegiatan kepenulisannya.

Dalam kegiatan pelatihan tersebut, para pemateri menjelaskan berbagai hal, mulai dari yang sederhana hingga yang rumit seperti perhitungan royalti pada para peserta. Mereka yang awalnya hanya merasa iseng menulis, menjadi terbuka wawasannya tentang dunia penulisan dan penerbitan buku.

“Nggak nyangka bisa kumpul bareng orang-orang hebat. Semangat nulis jadi berlipat-lipat dan nggak sabar bukunya nampang di rak toko buku. Pulang dari sini harus makin semangat nulis!” tutur Musriah, salah satu peserta pelatihan menulis.

Dituturkan juga oleh Joko Wibowo, pimpinan bidang buku anak di Elex Media Komputindo, bahwa kegiatan serupa harus selalu ada di masyarakat agar geliat literasi terus berkembang. Jika masyarakat peduli membaca dan berkarya, bukan tidak mungkin budaya baca di Indonesia akan naik melejit menduduki peringkat atas dan menjadi negara yang semakin berkualitas.

“Wah, salut dan hormat buat semua yang terlibat. Relawan RKWK yang dari berbulan-bulan lalu bejibaku nyiapin acara, sampai tadi acara selesai sore. Semangatnya luar biasa. Pengabdian tanpa kenal lelah. Masyarakat dan peserta, dan komunitas pendukung yang terlibat. Saya salut dengan orang-orang Banyumas!” tutur Agnes Sihombing, Chief Editor Elex Media Komputindo yang ikut hadir dan menjadi juri sekaligus pemateri dalam gelaran Festival Literasi #3.

Tak melewatkan moment, Rumah Kreatif Wadas Kelir yang kebetulan telah selesai mendirikan bangunan sederhana tempat berproses dan mendisplay buku-buku sekaligus menjadikan moment tersebut sebagai acara peresmian kantor dan toko buku milik Rumah Kreatif Wadas Kelir.

“Semoga Rumah Kreatif Wadas Kelir makin sukses. Tokonya makin maju dan berkembang, jadi partner solidnya Elex dan Gramedia berkarya mencerdaskan anak bangsa!” pungkas Dewa, salah satu Chief Editor Elex Media Komputindo yang juga  ikut hadir dan menjadi juri sekaligus pemateri dalam gelaran Festival Literasi #3.

 

ENDAH KUSUMANINGRUM

Relawan Pustaka Wadas Kelir & Mahasiswa Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Purwokerto

 

Comments

comments

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *