KERJA BAKTI GEMBIRA: MEMBERSIHKAN DAN MENGHIDUPKAN PUSAT BELAJAR WADAS KELIR UNTUK SEMANGAT BELAJAR YANG LEBIH MEMBUMBUNG TINGGI

dibaca normal:3 menit

RUMAH KREATIF WADAS KELIR, Minggu (1/7) istimewa bagi kami: relawan, remaja, dan anak-anak Wadas Kelir. Sebabnya, hari Minggu ini menjadi pembuka awal bulan dan awal minggu yang baik setelah libur panjang Lebaran. Kami punya harapan pada hari ini akan menjadi hari pembuka yang membawa kebaikan bersama. Kebaikan dalam belajar di Pusat Belajar Masyarakat (PBM) Wadas Kelir yang lebih membumbung tinggi lagi.

Kami pun memulai hari ini dengan memberi kabar di group WA Rumah Kreatif Wadas Kelir, “Hari yang baik. Yuk, kita mulai dengan Kerja Bakti Gembira!” Dan serentak pesan ini dibaca remaja, relawan, dan anak-nak Wadas Kelir. Kami pun bersegera kumpul, dan tanpa banyak berkata, langsung bekerja bakti dengan semangat penuh gembira.

Kerja bakti gembira yang disi dengan membersihkan ruang kelas belajar kami, halaman bermain kami, sampai jalan-jalan tempat kami melangkah untuk sampai ke PBM Wadas Kelir. Semua kami bersihkan dan ditata dengan rapi, sehingga menghasilkan suasana yang nyaman dan menyenangkan. Kami pun bekerja dalam kegembiraan canda tawa yang tak akan terlupakan karena kami adalah keluarga masa depan yang indah.

Selang beberapa saat, setelah kami bekerja bakti, perlahan-lahan warga mulai bergabung. Ikut membantu kami membersihkan jalan yang selalu setia mengantarkan kami sampai ke PBM Wadas Kelir. Kehadiran warga membuat suasana kerja bakti jadi semakin seru dan istimewa. Semua bahu membahu dalam gerakan yang mengesankan dan menggembirakan.

Mbah Kaji, tokoh masyarakat yang ikut, berkomentar indah, “Terima kasih pada Rumah Kreatif Wadas Kelir yang gerakannya tidak pernah tanggung. Tidak hanya mengurusi dirinya sendiri, tetapi juga mau mengurusi tempat-tempat lain. Mau membersihkan jalan, halaman rumah, dan pekarangan warga lain. Ini membuat kami senang dan ingin selalu ikut serta.”

Kami pun tidak bisa membalas dengan kata apapun, selain senyuman tanda kami sangat senang dan bahagia. Dan Mbah Kaji menambahkan, “Silahkan pakai bambu-bambu saya di belakang rumah buat pagar di Wadas Kelir dan pinggir jalan agar semakin indah.” Kami sangat senang, gerakan mempercantik lingkungan didukung masyarakat.

Belum sempat berlalu lama, tokoh masyarakat Pak Narsidi datang dengan menawarkan diri, “Pak Guru, di rumah banyak bunga matahari dan bibit-bibitnya. Ambil bibitnya dan tabur bijinya di sekitar PBM Wadas Kelir, pasti akan semakin indah penuh dengan bunga-bunga.” Kami membalas dengan senyum penuh sukacita. Menyaksikan kenyataan PBM Wadas Kelir menjadi milik masyarakat Wadas Kelir.

Karena kegembiraan dan kerja sama yang harmonis dengan masyarakat, kerja bakti gembira dapat diselesaikan dengan cepat. Selanjutnya, kami berkumpul di PBM Wadas Kelir untuk kerja bakti selanjutnya yang lebih menyenangkan lagi. Kerja bakti menghabiskan makanan untuk sarapan pagi yang mengesankan. Makan bersama dalam kegembiraan dan kecapekan menjadi kekuatan utama untuk memaknai nikmatnya sarapan hari ini. Kami pun makan dengan lahap menghabiskan menu sederhana yang kami masak dengan kerja bakti pula.

Usai makan bersama, sambil melepas lelah, kami berdiskusi soal ide-gagasa yang semakin membuat Rumah Kreatif Wadas Kelir maju dan berkembang. Kami pun menampung ide-gagasan dari relawan, remaja, dan anak-anak secara terbuka, yang selanjutnya akan disusun dalam program kegiatan di bulan Mei 2018. Misalnya, kami menyepakati untuk mengisi Hari Anak Nasional, 23 Juli 2018, Rumah Kreatif Wadas Kelir akan menyelenggarakan acara Festival Literasi #4 yang akan menyelenggarakan lomba kreativitas permainan tradisional.

Kerja bakti gembira sungguh membuat kami gembira. Gembira karena lingkungan Wadas Kelir menjadi semakin bersih, nyaman, dan menyenangkan. Gembira karena kegiatan kami dibantu dan menyatu dengan masyarakat. Gembira karena kami bisa makan ekstra banyak. Serta gembira kami bisa mendapatkan ide-gagasan inovatif untuk kemajuan Rumah Kreatif Wadas Kelir ke depannya.

 

HERU KURNIAWAN

Founder Rumah Kreatif Wadas Kelir

Comments

comments

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *