MOTOR PUSTAKA: BERGERAK UNTUK MELAYANI MINAT BACA, MEMBERIKAN ILMU PENGETAHUAN, DAN MERAYAKAN BAHAGIA BERSAMA PUSTAKA

dibaca normal: 3 menit

Pada awalnya kami diam. Melayani masyarakat, khususnya anak-anak dan remaja dalam membaca di satu tempat saja: TBM Wadas Kelir. Kami pun menyadari masalahnya: kami hanya berguna untuk masyarakat di sekeliling saja.

 

Padahal, banyak masyarakat dan sekolah yang berharap pada kami, “Pak Guru, sekali-kali bawa buku-bukunya ke sekolah saya. Di sana pasti anak-anak akan suka membaca di tempat!” atau “Pak Guru, setiap minggu anak-anak di sini sangat ramai, bermain di halaman rumah penuh antusias. Coba jika buku-bukunya bisa dibawa ke sini, pasti anak-anak akan suka!”

 

Jujur saja, dengan tuntutan demikian, saya sering merasa sedih. Apalagi, saya secara langsung sering melihat anak-anak di sekolah dan lingkungan tersebut yang ramai tanpa arah. Tanpa saya sadari, saat menyaksikan kenyataan ini, saya sering berdoa, “Seandainya TBM Wadas Kelir punya kendaraan yang bisa membawa banyak buku dan mengantarkannya ke sana, pasti anak-anak akan suka dan kami bisa semakin bahagia dalam membahagiakan mereka.”

Doa yang rasanya sederhana dan sia-sia saja. Akan tetapi, saat dapat kabar kami akan segera mendapatkan Motor Pustaka dari Perpusnas (melalui Forum Taman Bacaan Masyarakat Pusat) benar-benar adanya, saya pun sangat bahagia. Sebelum motor itu diserahkan, saya mengumpulkan para Relawan TBM Wadas Kelir, saya berkata sederhana pada mereka, “Motor pustaka yang akan kita terima adalah cara Tuhan untuk menguji pengabdian kita untuk lebih berani lebih luas lagi dalam mengabdi di bidang literasi.”

 

Dan Motor Pustaka itu pun sampai ke tempat kami: TBM Wadas Kelir. Motor berwarna merah yang gagah dan terasa sangat bahagia. Barangkali karena takdirnya yang akan selalu membahagiakan anak-anak dan remaja melalui kegiatan membaca yang mengkayakan ilmu pengetahuan. Dan merayakan rasa senang dan bahagia melalui kata-kata yang mewakili ilmu pengetahuan.

 

Setelah Motor Pustaka yang bahagia itu sudah tersedia, malam harinya, saya mengumpulkan Relawan TBM Wadas Kelir. Saya menyampaikan tentang tugas tambahan yang mulia dengan adanya Motor Pustaka ini. Tugas tambahan untuk mengantarkan buku pustaka kepada masyarakat luas yang membutuhkan demi penting dan meningkatnya minat baca.

 

Dalam kehangatan semangat mengabdi yang mesra, kami membagi relawan untuk bertugas mengantarkan buku dan pusataka ke tempat-tempat yang sudah memesan: mulai dari sekolah, tempat bermain, tempat bimbingan belajar, sampai ke keluarga yang rumahnya sering dijadikan tempat bermain anak-anak. Merekalah yang sejak dulu sudah meminta pasrtisipasi TBM Wadas Kelir untuk berbagi kebaikan dalam melayani anak-anak untuk membaca buku-buku di TBM Wadas Kelir yang kami kelola.

 

Tugas, jadwal, dan mekanisme penyelenggaraaan kegiatan pelayanan membaca melalui Motor Pustaka pun kami buat dan kami sepakati. Kami akan datang ke tempat tersebut dengan membawa buku yang kami gelar secara menarik secara kontinu setiap minggunya. Sambil menarik perhatian, kami akan selenggarakan kegiatan kreatif, mulai dari mendongeng, sulap, sampai bermain literasi dengan memanfaatkan buku-buku yang kami gelar.

 

Esok harinya, sesuai dengan kesepakatan jadwal dan mekanisme kegiatan, para relawan TBM Wadas Kelir yang bertuga pun melaksanakan pengabdiannya. Hari pertama tugas, di pagi hari tepatnya hari Minggu, saya melepas langsung dua Relawa TBM Wadas Kelir yang akan melayani membaca masyarakat dengan Motor Pustaka.

 

Sebelum melepas, saya menyampaikan kata-kata penyemangat, “Bergeraklah untuk melayani minat baca, memberikan ilmu pengetahuan, dan merayakan bahagia bersama pustaka.” Kemudian Motor Pustaka untuk pertama kalinya melaju dengan kecepatan yang membahagiakan serasa sedang ingin memenuhi takdirnya dalam mengabdi di bidang ilmu pengetahuan.

Siang hari, saat membuka gawai, melihat group WA TBM Wadas Kelir, saya mendapatkan pemandangan bahagia. Saya menyaksikan foto-foto yang diunggah relawan TBM Wadas Kelir yang bertugas dengan Motor Pustaka. Saya melihat foto puluhan anak-anak yang sangat antusias dalam membaca.

 

Dan salah satu pesan berbunya, “Pak Guru mengucapkan terimakasih kepada TBM Wadas Kelir, semoga Motor Pustaka dijadwal rutin untuk melayani anak-anak membaca di sini.” Saya sangat bahagia, TBM Wadas Kelir melalui Motor Pustaka telah memberikan kemanfaatkan dalam membahagiakan anak-anak dan remaja dalam membaca yang lebih luas lagi.

Selesai pulang, untuk meyakinkan diri saya atas kenyataan kemanfaatan Motor Pustaka, saya menanyakan kegiatan yang sudah dilakukan pada Relawan TBM Wadas Kelir yang bertugas, “Tadi kegiatannya seperti apa? Bagaimana animo anak-anak atas buku-buku dengan Motor Pustaka?”

 

Dan Kak Iqbal, Relawan TBM Wadas Kelir yang bertugas menjelaskan, “Anak-anak sangat suka. Kedatangan Motor Pustaka disambut baik oleh para guru dan anak-anak. Mereka terlibat langsung menyiapkan buku-buku untuk digelar. Dan saat kegiatan pengantar sulap dan pantomim, anak-anak sangat antusias. Sambil mencari buku dan membaca, anak-anak menikmati hiburan yang kami sajikan. Setelah selesai, anak-anak suntuk membaca sampai bel masuk sekolah berbunyi. Dan anak-anak langsung meminta agar Motor Pustakan datang secara rutin.”

 

Saya senang dan bahagia.

Di setiap tempat yang menjadi tujuan Motor Pustaka untuk berbagi ilmu pengetahuan, selalu disambut dengan antusias. Dan kegiatan kami selalu menyenangkan. Menghibur dengan menyajikan pantomim, dongeng, sulap, dan permainan lain yang membuat anak-anak terkondisikan dengan baik. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan membaca bersama secara suntuk.

 

Tentu saja, semua ini karena keberadaan Motor Pustaka yang telah memberi jalan untuk bisa menggerakkan buku-buku di TBM Wadas Kelir bisa diakses secara luas dan memberikan kemanfaatan secara luas juga. Semoga ini memberikan  semangat bagi kita semua untuk terus melayani masyarakat dengan buku-buku yang akan memperluas ilmu pengetahuan masyarakat, dan akan membuat masyarakat semakin bahagia dengan membaca.

 

Salam Literasi.

 

TBM WADAS KELIR

Jln. Wadas Kelir Rt.7 Rw. 5 Karangklesem

Purwokerto Selatan – Banyumas Jawa Tengah 081564777990

Comments

comments

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *