Berbagi Berita: TAMU ISTIMEWA DARI IAIN PONTIANAK, KAMI SANGAT BAHAGIA!

dibaca normal: 2 menit

“Tamulah yang membuat kami dikenal dan besar, maka sebisa mungkin kami akan memuliakan tamu!”

Pukul 10.15 WIB (29/04) tamu untuk kampus tercinta saya, IAIN Purwokerto datang. Tamu yang terhormat itu adalah Mas Hamzah, Wakil Dekan I dan Mba Helva, Kaprodi PIAUD IAIN Pontianak. Dua sahabat istimewa ini akan menjalin kerja sama dengan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Purwokerto. Keduanya mewakili FTIK IAIN Pontianak akan melakukan observasi untuk pengembangan program PPL/PKL di FTIK IAIN Purwokerto yang akan ditempatkan di Rumah Kreatif Wadas Kelir.

Tentu saja, saya mewakili teman-teman relawan, warga masyarakat, dan pemerintahan kelurahan mengucapkan terima kasih pada IAIN Purwokerto. Saya tidak menyangka kalau yang kami lakukan dalam membangun dan mengembangkan Rumah Kreatif Wadas Kelir akan mendapatkan apresiasi yang luar biasa ini. Kami akan berusaha melaksanakan amanah ini sebaik mungkin. Selagai yang kami lakukan akan mendatangkan kemanfaatan bagi masyarakat, maka kami akan menerima dan melaksanakannya dengan sungguh-sungguh.

Kedatangan dua sahabat istimewa dari IAIN Pontianak ini kami jemput di Stasiun Purwokerto. Kami segera menuju ke Kampus IAIN Purwokerto. Karena hari libur, kami hanya berkeliling sambil saya sampaikan keistimewaan kampus saya tercinta. Mulai dari kekeluargaan dan kekompakan, prioritas kinerja, sampai akreditasi prodi yang semua prodi baru B dan prodi lama sudah A . Dua sahabat istimewa kagum dan mengapresiasi capaian IAIN Purwokerto. Saya tersenyum senang dan bangga.

Dari kampus IAIN Purwokerto kami melaju ke Rumah Kreatif Wadas Kelir. Dua sahabat dari IAIN Pontianak ingin melihat langsung suasana, tempat belajar, kegiatan, sampai pada tempat penginapan yang akan ditempati 20 mahasiswa FTIK-IAIN Pontianak yang akan PPL/PKL terpadu di IAIN Purwokerto dengan tempat belajar di Rumah Kreatif Wadas Kelir.

 

Sampai di Pusat Belajar Wadas Kelir, dua sahabat tersenyum senang komentarnya adalah pasti mahasiswa FTIK IAIN Pontianak akan kerasan di sini. Udarana sejuk dan pemandangannya indah. Di sini banyak fasilitas lengkap, tempat belajar, kantor, perpustakaan, dan home stay milik masyarakat yang nyaman. Ungkapan yang menyenangkan bagi kami, dan acara dilanjutkan dengan pengambilan foto untuk laporan dan diskusi soal orientasi PPL/PKL IAIN Pontianak ini.

Konsep yang saya tawarkan berdasarkan hasil diskusi dengan Dr. H. Suwito, M.Ag., selaku Dekan FTIK IAIN Purwokerto adalah PPL/PKL berbasis karya dan pengabdian masyarakat. Mahasiswa PPL/PKL FTIK IAIN Pontianak akan diorientasikan untuk melakukan pengabdian mengajar di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Dipo 3 Karangklesem, PAUD Wadas Kelir, dan TPQ di sekitar Wadas Kelir. Setelah pengabdian, mahasiswa akan diorganisasi dan dibimbing untuk belajar menulis secara intensif sesuai dengan basis program studinya. Hasilnya setiap mahasiswa selama 20 hari PPL/PKL akan menulis dua buku. Harapan Wakil Dekan I FTIK IAIN Pontianak, semoga kegiatan PPL/PKL ini akan sukses dilaksanakan dan akan ditiru dan diikuti oleh kampus-kampus lain.

[Heru Kurniawan, Pengajar di Institut Agama Islam Negeri Purwokerto dan Founder Rumah Kreatif Wadas Kelir]

Comments

comments

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *