Berbagi Cerita: PAGI ITU, SAAT SAYA SEDANG MEMBERSIHAKAN GEROBAK BACA, SAYA BERTEMU DENGAN ANAK-ANAK YANG MAU BERMAIN DAN MEMBACA DI TBM WADAS KELIR

dibaca normal: 1 menit

Pagi itu (11/05/2019), selepas Subuh, seperti biasanya, saya melakukan kegiatan berisih-bersih di halaman rumah, sepanjang jalan depan rumah saya, hingga di area Pusat Belajar Wadas Kelir.

Saya melakukan kegiatan bersih-bersih dengan Kak Munasiroh Relawan Wadas Kelir yang mendapat jadwal piket. Kami membersihkan sampah, menyiram tanaman, sampai mengelap gerobak baca tempat buku-buku didisplay untuk dibaca masyarakat.

Saat kami sedang asyik melakukan kegiatan bersih-berish, sekolompok anak-anak lewat di depan kami. Mereka rupanya ingin bermain di Pusat Belajar Wadas Kelir. Tapi, karena ada kami, mereka pun malu.

 

 

“Mau bermain di sini!” sapa saya.

Anak-anak hanya tersenyum bimbang.

“Ayo, sini! Jangan takut, Boleh kok main di sini, tetapi ada syaratnya?”

“Apa syaratnya?” tanya salah satu anak.

“Baca buku dulu di sini.”

Anak-anak langsung saling pandang. Kemudian merekan tersenyum dan segera menyerbu Gerobak Baca Wadas Kelir. Anak-anak ramai mencari buku yang disukainya, kemudian suntuk membaca buku selama 15 menit.

Setelah itu mereka kemudian bermain bebas dan menyenangkan. Saya dan Kak Munasiroh senang dengan melihat pemandangan anak-anak yang suntuk membaca.

 

 

Anak-anak kemudian asyik bermain di Pusat Belajar Wadas Kelir. Ya, memang inilah yang kami harapkan. Kami mendirikan Pusat Belajar Wadas Kelir dalam upaya untuk mengajak masyarakat membaca.

Semoga akan banyak lagi anak-anak yang mau membaca buku-buku di Gerobak Baca Wadas Kelir.

(Heru Kurniawan, Founder Rumah Kreatif Wadas Kelir Purwokerto)

Comments

comments

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *