BERMAIN HURUF NAMA

Permainan ini saya temukan dan saya pratikan saat kegiatan belajar di Sekolah Literasi Wadas Kelir sore tadi dan anak-anak sangat antusias

Anak-anak menyebutkan nama panggilannya dengan keras. Setelah itu menyebutkan huruf yang membentu nama panggilannya. Misalnya, HERU kemudian menyebutkan H E R U. Secara bergiliran anak-anak melakukan hal yang sama. Kemudian kita menjelaskan huruf-hurufnya.

Misalnya, Jika nama anak HERU, maka susunan huruf atas nama adalah adalah H E R U, yang bila diurutkan dengan angka, maka 1=H; 2=E; 3=R; dan 4=U. Dari urutan inilah maka permainan ini dilakukan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang variasinya bisa dilakukan sebagai berikut:

Pertama,
Kita bertanya dalam urutan angka tunggal, misalnya, pertanyaan “Urutan tiga?”, maka anak akan menjawab, “R”. Jika pertanyaan, “Urutan dua dan satu?”maka anak akan menjawab, “E dan H.” Atup pertanyaan lebih sulit lagi, “Urutan dua, tiga, tiga, satu?” maka anak akan menjawab, “E, R, R, dan H.” Begitulah seterusnya, melalui susunan urutan huruf bisa dikembangkan dengan variasi pertanyaan angka.

Kedua,
Ini sebaliknya, anak-anak menjawabnya dengan menyebutkan angka dengan pertanyaan dari huruf. Misalnya, “Huruf E?” maka anak harus menjawab, “3”. Jika ditingkatkan dalam dua urutan angka, misalnya bertanya, “Huruf U dan E?” maka anak harus menjawab, “empat dan dua.” Dan jika ditingkatkan lagi, misalnya pertanyaan, “Huruf H, R, R, E?” maka anak harus menjawab, “1, 3, 3, dan 2.”

Demikianlah permainan ini dikembangkan secara kombinasi sehingga anak-anak hafal, dan tidak hanya hafal. Tetapi juga berpikir cepat. Melalui permainan ini, anak-anak dikondisikan dan dilatih untuk berpikir cepat melalu urutan huruf dan angka.

Permainan ini sangat menarik dan menyenangkan karena saat anak diberi pertanyaan, misalnya, tiga urutan angka dari nama HERU, misalnya 341, maka anak akan berpikir lucu dalam menemukan huruf yang ada pada nomor urut 341 pada nama HERU.

Comments

comments

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *