MENULIS ALA WADAS KELIR DENGAN 5 R

Ada yang bertanya kepada saya, “Relawan Wadas Kelir itu bisa menulis produktif pakainya teknik apa?”

Saya sangat senang sekali mendapat pertanyaan ini. Saya pun menjelaskan dengan sederhana, “Kami mengembangkan menulis dengan model 5 R.”

“Apa saja 5 R itu?”

Baiklah, akan saya terangkan sebentar. 5 R adalah teknik menulis yang berpedoman pada lima langkah atau tahapan penting.

READ
Sebelum menulis, kami mengkondisikan untuk membaca sebanyak mungkin. Dari membaca kami mendapatkan ide dan gagasan. Jika ide sudah ada, ide itu kami dalami pula dengan membaca.

Misalnya, kami akan menulis dongeng tentang “Rumah” maka kami akan menelusuri bacaan-bacaan yang terkait dengan rumah, sehingga yang kami tulis adalah buah konsep yang matang.

RESEARCH
Setelah mendapatkan ide yang dikayakan dengan hasil telusur bacaan, selanjutnya kami akan meriset sederhana untuk mendalami materi menulis.

Misalnya, setelah membaca soal “Rumah” sebagai bahan ide untuk menulis, kami mencoba untuk mengamati rumah yang sebenarnya atau bertanya pada orang-orang soal rumah. Data ini akan memperkaya tulisan.

REFLECTION
Dari hasil bacaan dan riset inilah, kami kemudian memikirkan atau merenungkan untuk mendapatkan sesuatu yang berbeda, unik, dan khas untuk ditulis. Inilah yang kami sebut menulis hasil refleksi antara pengetahuan dan pengalaman.

W[R]ITING
Setelah bahan bacaan, riset, dan refleksi sudah lengkap, kami kemudian menuliskannya satu per satu gagasan dan ide kami menjadi tulisan yang kami harapkan.

Proses penulisan ini kami lakukan secara kolaboratif, yang mengerjakan secara bersama-sama untuk hasil yang terbaik.

 

REVIEW
Jika tulisan sudah kami tulis, kami selanjutnya membaca untuk melakukan editing dan revisi secara detil sehingga tulisan yang kami hasilkan adalah tulisan yang matang baik secara isi, materi, maupun bahasa.

(Heru Kurniawan, Dosen Institut Agama Islam Negeri Purwokerto dan Founder Rumah Kreatif Wadas Kelir Purwokerto)

Comments

comments

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *