SAAT BERPISAH DENGAN MASYARAKAT WADAS KELIR

–Setiap orang punya ruang hidupnya masing-masing, dan setiap ruang hidup, pasti membutuhkan tangguung jawab untuk menjalaninya dengan sebaik mungkin–

Ini salah satu filosofi yang saya yakini. Hidup akan selalu berpindah dari satu ruang ke ruang lainnya. Dan dalan ruang tempat hidup kita, selalu ada tanggung jawab besar yang harus dijalani.

Wadas Kelir adalah salah satu ruang hidup kami. Di Wadas Kelir kami berlatih dan belajar untuk bertanggung jawab dengan sebaik mungkin. Bertanggung jawab pada diri kami sendiri dan bertanggung jawab pada orang di sekeliling kami. Kesadaran pada tanggung jawab inilah kami kemudian berbuat dan bergerak sebaik mungkin.

Dan sebenarnya, dalam ruag itu ada waktu. Waktu yang akan membuat kita dewasa, sekaligus akan memisahkan kita.

Dan saat menjelang puncak bulan puasa ini, kami harus segera meninggalkan ruang Wadas Kelir untuk masuk ke ruang keluarga yang sudah kami tinggalkan selama setahun. Ramadhan adalah saat kami harus pulang untuk masuk dalam ruang keluarga.

Maka pada Kamis (30/05) kami relawan dan saya sekeluarga berpamitan pada Warga Wadas Kelir untuk pulang ke ruang keluarga kami selama beberapa hari. Tentu saja, warga Wadas Kelir menyadari hal ini. Masyarakat pun melepas kami dalam perpisahan sederhana yang penuh dengan doa-doa keikhlasan yang kami rasakan lembutnya.

Terima kasih relawan, remaja, anak-anak, dan masyarakat Wadas Kelir. Ini saatnya kami pergi untuk masuk dalam ruang keluarga kami yang hangat. Tempat kami mendapatkan banyak energi. Energi utama untuk melangkah esok hari yang lebih baik lagi.

Selamat lebaran. Selamat dalam kasih sayang di ruang keluarga. Semoga esok saat bertemu kita akan lebih baik lagi dalam bertanggung jawab atas kehidupan kita masing-masing.

(Heru Kurniawan, Founder Rumah Kreatif Wadas Kelir)

Comments

comments

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *