#1 RUTINITAS KAMI

Kamis 12 Desember 2019

Bukan hal istimewa sebenarnya yang setiap pagi kami lakukan, bahkan setiap hari semua orangpun biasa melakukannya. Namun hal sederhana itu kami lakukan karena kami peduli. Menyapu jalan, menyiram bunga, membersihkan PBM, menata buku di gerobak baca, itulah rutinitas di pagi hari yang dilakukan oleh relawan Rumah Kreatif Wadas Kelir. Setiap hari relawan bergantian untuk melaksanakan rutinitas tersebut, hal itu kami lakukan sebagai salah satu bentuk kepedulian relawan pada lingkungan.

Bahkan tak jarang relawan juga dibantu oleh anak-anak dan masyarakat sekitar Rumah Kreati Wadas Kelir, hal itu menunjukan bahwa selain relawan masyarakat pun ikut peduli dan merawat lingkungan yang ada disekitar Wadas Kelir. Karena kami juga menyadari bahwa Wadas Kelir bukan hanya milik kami para relawan dan founder Wadas Kelir, akan tetapi Wadas Kelir adalah bagian dari masyarakat dan milik bersama.

#RKWK
#Relawan WK

PELUNCURAN DAN DISKUSI BUKU BBJT

Selasa 10 Desember 019

Kabar gembira datang kembali menghampiri relawan Rumah Kreatif Wadas Kelir, setelah menunggu sekian lama akhirnya 20 buku relawan diterbikan oleh Balai Bahasa Jawa Tengah.

Adapun buku-buku yang diterbitkan yakni buku dongneg anak-anak penuh inspirasi. Kami seluruh relawan yang hadir pada acara tersebut mengucapkan banyak terimakasih kepada Balai Bahasa Jawa Tengah yang telah percaya kepada kami.


Adapaun kegiatan peluncuran buku tersebut dilaksanakan di Hotel Grasia, Semarang. Tidak hanya peluncuran buku, akan tetapi acara tersebut juga di isi dengan diskusi buku dengan pematerinya yakni, Wiwin Wintarto dan jugas Asef Saeful Anwar.

#RKWK
#BBJT
#Relawan WK
#Literasi

SEKOLAH LITERASI BERSAMA MAHASISWA UNSOED

Minggu, 8 Desember 2019, sekolah literasi kali ini ada yang berbeda, tidak seperti hari-hari biasanya. Suasana pembelajaran sore itu begitu ramai, bukan hanya karena sore ini belajar tentang literasi seni dan kreativitas akan tetapi sore itu teman-teman sekolah literasi kedatangan teman baru, yakni kaka-kaka dari Universitas Jendral Soedirman Purwokerto yang ikut belajar dan meramaikan kegiatan sekolah literasi sore itu.

Sore itu selain anak-anak mendapat pengalaman dan pengetahuan baru, anak-anak sekolah literasi juga sangat gembira dan berantusias akan kehadiran kaka-kaka dari Universitas Jendral Soedirman Purwokerto. Adapun tujuan dari kaka-kaka dari Universitas Jendral Soedirman datang ke sekolah literasi Wadas Kelir yakni selain ikut belajar mereka juga ingin mendalami tentang dunia literasi.

 

#Sekolah Literasi WK
#RKWK
#Relawan WK
#UNSOED
#FISIP UNSOED

Kerjasama RKWK dengan Indosat Ooredoo

kamis 05 Desember 2019. Siang itu kabar baik menghampiri kami, warga RKWK dengan datangnya pihak Indosat Ooredoo dalam rangka penawaran kerjasama. Tentu saja kami keluarga besar RKWK sangat bahagia dengan tawaran yang diberikan oleh pihak Indosat, adapun bentuk kerjasamanya yakni bertujuan untuk membangun budaya disiplin dalam sebuah lembaga melalui Broadcast SMS System (BSS).

Broadcast SMS System (BSS) adalah program penyampain informasi secara cepat kepada seluruh anggota dengan basis SMS. Jadi nantinya setiap anggota akan diberikan satu kartu Indosat secara gratis dan tugas dari pemilik kartu hanya menjaganya agar tetap aktif, saat kartu sudah diaktifkan maka nantinya setiap anggota akan mendapatkan pesan terkait informasi-informasi yang ada di RKWK. Pesan bisa berbentuk pengumuman, pengingat atau informasi lainnya, misal “ Sekolah Literasi sore ini akan dimulai pukul 16.00 WIB” maka setiap anggota akan mendapatkan pesan tersebut via SMS dari pihak Indosat. Dengan adanya kerjasama ini diharapkan nanti akan terjalin komunikasi yang efektif bagi seluruh anggota yang berada dibawah naungan RKWK, mulai dari wali murid dari anak-anak yang belajar di RKWK, remaja dan masyarakat di sekitar RKWK.

By: Musyafa Ali (red)

Mengenal lebih dekat PPSA “TARUNA YODHA” Sukoharjo

 

Selasa 03 Desember 2019

Alhamdulillah hirabbil ‘alamin kami ucapkan, karena pada hari ini Rumah Kreatif Wadas Kelir kedatangan tamu dari Panti Pelayanan Sosial Anak Taruna Yodha Sukoharjo, dalam acara silaturrahmi sekaligus sosialisasi dari pihak panti. Acara ini juga dihadiri juga oleh Ibu Eti dari pihak Dinas Sosial Kabupaten Banyumas. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di PBM wadas kelir dan diikuti oleh relawan, remaja dan warga sekitar.


Dalam sosialisasi nya Ibu Ngatmi SE.MM menyampaikan bahwa panti asuhan taruno yudhho sebagai salah satu lembaga di bawah naungan Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah yang bekerja sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan bimbingan baik, fisik, mental dan juga ketrampilan pada remaja putus sekolah, dengan rentan usia 14-18 tahun, dengan out put yang diharapkan yakni setelah anak mendapat bimbingan dan pelatihan anak memiliki ketrampilan atau keahlian sebaagai bekal didunia kerja.

#RKWK
#PPSA TARUNA YODHA
#DINAS SOSIAL

KEGIATAN TPQ MAULID NABI MUHAMMAD SAW

Misi Rumah Kreatif Wadas Kelir adalah mengabdi dan mengabadikan Ilmu pengetahuan. Misi mengabdi di masyarakat menjadi hubungan silaturrahmi dan berkolaborasi antara relawan dengan masyarakat yang harmonis untuk belajar agama. Ada salah satu bukti pengabdian TPQ Wadas Kelir berupa mengajar Taman Pendidikan Al-Qur’an yaitu mengajar anak-anak.

Sabtu, 30/11, TPQ al-Mubarok Perum Mulawarman Karangklesem TPQ binaan Wadas Kelir mengadakan kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Evaluasi TPQ bersama warga. Untuk menyambut acara ini,  santri-santri tampil menghafalkan suratan pendek,  kemudian diisi mendongeng bersama Kak Ilham. Kak Ilham ini sengaja pasang tampil untuk memecahkan suasana santri-santri dan wali santri.

Setelah itu evaluasi bersama wali santri, kegiatan evaluasi ini dilakukan satu kali di akhir bulan. Agar relawan dan wali santri terbuka, baik kekurangan maupun kurang maksimal pada saat mengajar sehingga perlu adanya evaluasi. Kemudian acara ditutup dengan salam-salaman bersama.

Alhamdulillah, wali santri, relawan pengajar dan santri-santri banyak kesan pesan yang diperoleh. Dan  dari masyarakat pun mendapat dampak yang luar biasa ketika ada rangkaian acara maulid nabi Muhammad Saw di selenggaraan. Selain keuntungan bagi relawan pengajar itu sendiri diharapkan hal itu juga menambah banyak relasi pengalaman yang menakjubkan.

 

Tabik

Nur Hafidz___Relawan Rumah Kreatif Wadas Kelir

HAPPY WEDDING RELAWAN RKWK “KAK HANI DAN KAK ROZAK”

01 Desember 2019, Relawan, warga, remaja berbondong bondong menghampiri kerumah salah satu relawan wadas kelir yakni Kak Hani untuk mengucapkan selamat dan mendoakan semoga menjadi keluarga yang sakinah mawadah warohmah. Kabar bahagia datang dari salah satu relawan Rumah Kreatif Wadas Kelir yakni Kak Hani yang resmi melepas masa lajangnya dengan Kak Rozak.

Raut bahagia bukan hanya terpancar dari kedua mempelai tetapi relawan, warga dan remaja yang datang pun turut bahagia. Begitu akrabnya Kak Hani dengan warga sekitar rumah kreatif wadas kelir membuat warga dan remaja seakan menganggap Kak Hani sebagai saudara.

Begitulah kedekatan dan keakraban yang terjalin antara warga dan relawan yang ada di wadas kelir. Demi bisa menghadiri pernikahan kak hani, warga pun menyewa 1 bus dan beberapa mobil.

#happy wedding
#Relawan RKWK
#Kak Hani & Kak Rozak
#RKWK

PELATIHAN MENULIS BUKU DI WISATA BUKU GRAMEDIA PASAR KENARI LAMA JAKARTA

PELATIHAN MENULIS BUKU DI WISATA

Saya dan Wadas Kelir ingin selalu menjaga hubungan yang baik dengan Group Gramedia. Sebabnya, sudah 65-an buku-buku kami terbit di gramedia. Jadi kami pun harus mengakui bahwa Wadas Kelir hidup dari royaltinya Gramedia.

Pada hari ini (01/12/2019) saya diberi kesempatan untuk berbagi pengalaman dalam menulis buku bacaan anak dlam acara Wisata Buku di Pasar Kenari Jakarta. Peserta yang antusias membuat saya semangat menyampaikan materi dan mempersilahkan peserta untuk menyampaikan ide-gagasannya satu per satu.

Semuanya sangat menarik dan saya suka. Acara yang sangat mengesankan dan membuat saya banyak berkenalan dengan orang-orang hebat. Tentu saja, saya belajar banyak dari acara ini.

Semoga ini akan semakin mempererat kerja sama BIP-Gramedia dengan Rumah Kreatif Wadas Kelir.

(Red)

Unit TPQ Wadas Kelir

Oleh: Musyaa Ali

Sebagai salah satu unit keagamaan di Wadas Kelir, unit TPQ Wadas kelir saat ini memegang empat TPQ binaan yakni TPQ Nurul Hidayah, TPQ Baitul Hidayah, TPQ Al-Mubaarok dan TPQ Al-Barokah. Keempat TPQ ini dijalankan oleh relawan Wadas Kelir, setiap sore dan malam hari relawan di jadwalkan untuk mengajar di TPQ sebagai ajang untuk belajar dan mengajarkan ilmu keagamaan kepada masyarakat. Bukan hanya anak-anak yang ikut mengaji di TPQ binaan Wadas Kelir, tetapi remaja dan orang dewasa pun banyak yang ikut mengaji bersama relawan.


Beberapa program yang ada di unit TPQ selain belajar mengaji yakni ada literasi keagamaan seperti imla, hafalan surat pendek, berkisah, praktik ibadah dan ada pula pertemuan rutin bersama wali santri. Pertemuan wali santri ini dilaksanakan setiap satu bulan sekali di masing-masing TPQ dengan tujuan mengevaluasi hasil belajar para santri, merumuskan program kegiatan untuk santri dan koordinasi dengan wali santri untuk meningkatkan semangat mengaji para santri.

PRESTASI ANAK-ANAK KB WADAS KELIR

Tentunya sebuah kebanggan dan kebahagiaan bagi guru dan wali murid dari anak-anak KB Wadas Kelir, setelah bulan kemarin menyabet predikat juara dalam acara peringatam pekan milad yayasan lembaga pendidikan AZ-ZAHRA Gunungtugel kini siswa-siswi KB Wadas Kelir berhasil dinobatkan sebagai juara dalam lomba mewarnai yang diadakan oleh pihak Bank Indonesia dalam acara FesmaBI 2019 yang diadakan pada tanggal 20 November 2019 bertempatkan di Rita Super Mall.

 

Pada kesempatan kali ini Zakkawaliy Herudian dinobatkan sebagai juara dua kategori TK dan Naswa Aisyah Putri dinobatkan sebagai juara harapan dua kategori KB. Prestasi-prestasi yang diperoleh oleh anak-anak tentunya tak lepas dari peran dan dukungan dari orang tua dan para guru.

Bunda Dian Wahyu Lestari selaku kepala sekolah yang juga ikut mendampingi anak-anak dalam mengikuti lomba mewarnai tersebut, menyampaikan bahwa beliau sangat bersyukur dan bangga karena anak didiknya dapat menyabet gelar juara selain anak-anak juga memiliki semangat yang tinggi. Beliau juga menyampaikan harapannya semoga kedepannya KB Wadas Kelir dapat lebih banyak menghasilkan prestasi.

Kemudian Ibu Retno selaku ibunda dari Ananda Naswa yang ikut mendampingi putrinya juga menyampaikan, bahwa beliau sangat bangga karena anaknya dapat dinobatkan sebagai juara, beliau juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada bunda-bunda guru yang sudah sabar dan tekun dalam mengajar anaknya sehingga mengantarkannya menjadi juara.

 

_Musyafa Ali_